course - 17 Mar 2020 09:00
ALI Secretariat
2 DAYS PUBLIC TRAINING:
PROCUREMENT & PURCHASING MANAGEMENT
DESKRIPSI
Procurement/Purchasing Management adalah proses pengadaan kebutuhan material, produk, & layanan jasa pada korporasi/institusi, yang di dukung oleh sistem & prosedur Procurement/Purchasing yang terintegrasi, terstruktur, akuntabel, & transparan.
Dalam proses implementasi di lapangan seringkali timbul kendala, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier/vendor yang bermasalah, miskomunikasi, hingga supplier/vendor yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
TUJUAN TRAINING
Dalam training ini para peserta akan mempelajari konsep & implementasi Procurement/Purchasing Management secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan disertai discussion sharing & case study berdasarkan aplikasi konsep & best practices terkini. Sehingga setelah mengikuti training ini, para peserta diharapkan memiliki knowledge & applied skills yang dapat diterapkan dalam keseharian tugas/pekerjaan.
MANFAAT TRAINING
Setelah mengikuti training ini, para peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Memahami regulasi, administrasi, & prosedur procurement/purchasing management
2. Memahami mekanisme serta perbedaan procurement/purchasing lintas sektoral
3. keterkaitan antara planning & realisasi order
4. Memahami strategi & metode untuk analisa penawaran & pemberian order kepada supplier/vendor
5. Melakukan proses identifikasi, analisa, usulan solusi, inovasi, & implementasi secara nyata
METODE TRAINING
Class presentation, discussion, case study, & action plan, dengan konsep:
v 20% teori berdasarkan literatur praktisi
v 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri
v 40% studi kasus nyata & brainstorming antara trainer dengan peserta
TARGET PESERTA
Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:
1. Buyer, Procurement Admin, Vendor Management, Komite Tender, & Pejabat Pengadaan/Pembelian.
2. Supply Chain Management, Logisticians, Planner/Estimator, Project Team, & General Affairs.
3. Corporate legal, Finance, Compliance Unit, & Internal Auditor.
4. Level Management, Supervisor, & Staf yang terkait dengan proses Procurement/Purchasing/PBJ.
5. Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.
RUANG LINGKUP MATERI TRAINING (SILABUS)
· Hari Pertama
1. Procurement & Purchasing Principles
2. Repeat Order, Project Procurement, & Emergency Order
3. Planning & Order Management
4. e-Procurement & Automation Transaction
5. Discussion sharing, case study, & action plan
· Hari Kedua
6. Bidding & Tender Management
7. Vendor Selection Methods
8. Vendor Performance Management
9. Order Decision, Renewal, & Vendor Replacement
10. Discussion sharing, case study, & action plan
TRAINER
Deni Danasenjaya, SE, MM, CPPP, CPCM
Praktisi SCM & Procurement Management
Latarbelakang Pendidikan:
§ S2 Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2003
§ S1 Manajemen, STIE Mahardhika, Surabaya, 2001
§ D3 Perbankan, Ilmu Administrasi - FISIP, Universitas Indonesia, Depok, 1993
Sertifikasi:
§ Project Management Professional, Project Management Institute, Indonesia Chapter, on-going course
§ Certified Program in Public Procurement (CPPP), Procurement Learning, World Bank Institute, 2018
§ Certified Program in Contract Management (CPCM), Procurement Learning, World Bank Institute, 2018
§ Certified Workplace Assessor, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), 2016
§ Certified Government Procurement Expert (Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), 2012
AGENDA
Selasa – Rabu, 17 – 18 Maret 2020
09.00 – 16.00 WIB
Hotel Amaris Pancoran
Jl. Raya Pasar Minggu No.15A
INVESTASI
Reguler Rp 3.600.000/orang
Group Rp 3.400.000/orang (minimal 3 orang)
*sudah termasuk training kit, materi, sertifikat , coffee break & makan siang
PENDAFTARAN DAN INFORMASI
ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA
Ph.. 021 386 3936
Whatsapp. 0811 9590 620 (Elsa)
E. adminstaff.ali@gmail.com
w. www.ali.web.id