course - 30 Jan 2021 09:00
ALI Secretariat
Effective Warehouse Management
Pendahuluan
Pergudangan yang efektif dan efisien adalah kemampuan beradaptasi pada tuntutan untuk meningkatkan kecepatan proses mulai dari Penerimaan, Penyimpanan, hingga Pengiriman. Namun pada perkembangan saat ini dimana pesatnya pertumbuhgan bisnis e-commerce, penerapan integrasi dan digitalisasi pada proses supply chain, dan semakin banyak industri yang mengaplikasikan proses just in time, aktivitas di Pergudangan menjadi semakin kompleks bahkan bisa menjadi beban biaya yang semakin tinggi.
Berpegang pada efisiensi dan akurasi sebagai kunci sukses dari pergudangan, pelatihan ini merupakan upaya untuk membantu mengatasi masalah gudang dalam aktivitas supply chain, dimana memberikan prinsip-prinsip yang dapat digunakan untuk merampingkan semua jenis pengoperasian pergudangan. Manajemen Pergudangan yang baik adalah kemampuan untuk memaksimalkan ruang, peralatan, tenaga kerja kemudahan mengakses barang-barang yang disimpan dan keamanan serta keselamatan kerja.
Tujuan Workshop
· Memahami pentingnya fungsi pergudangan di perusahaan
· Memahami kegiatan-kegiatan utama dalam Manajemen Pergudangan
· Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kegiatan pergudangan
· Membekali pengetahuan bagaimana mengoptimalkan fungsi pergudangan
· Memahami pentingnya manajemen Gudang di perusahaan
Apa yang dipelajari?
1. Dasar Dasar Logistics
2. Pergudangan dalam Supply Chain
3. Perencanaan Pergudangan
4. Mengoptimalkan Fungsi dari Gudang (Warehouse Optimizing)
5. Proses Operasional di Gudang (Operation Process)
6. Penanganan Produk Khusus di Gudang (Special Goods Handling): pharma, food & beverages, and return
7. Pengendalian Peralatan dan Utility Gudang: rak, pallet, forklift, bin card, ventilasi, pencahayaan, dan layout
8. Measuring Effectiveness and Efficiency
9. Kaizen
10. Pengukuran Kinerja (KPI) Gudang
11. Diskusi dan studi kasus ( Teknologi di Pergudangan; Robotic Automation, drone, dll)
Peserta Training
· Manager, Supervisor, chief, section head, kepala bagian, Staff Administrasi, yang terlibat dalam operasi pergudangan;
· Staff Production;
· Production Planning and Inventory Control.
· Supply Chain Planner
Profil Pembicara
Dian Anom Baskoro, SE, MMTR
· >20 years experience in Logistics Industry: cold chain, pharmaceutical industries, courier and delivery service and 3rd party logistics in various positions.
· Lecturer, ITL Trisakti
· Associate Consultan, Sembada Pratama
· Logistics Accessor, LSP Logistik Indonesia (LSP-LI)
· Training Facilitator, Asosiasi Logistik Indonesia (ALI)
AGENDA
Sabtu, 30 Januari 2021
09.00 – 15.00 WIB
Via zoom meeting
INVESTASI
Umum Rp 1.500.000
Group Rp 1.300.000 (minimal mengirimkan 3 peserta)
*Softcopy materi dan sertifikat
PENDAFTARAN DAN INFORMASI
ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA
Whatsapp 0811 9590 620 (Elsa)
0818 626872 (Aang)
Email adminstaff.ali@gmail.com
Website www.ali.web.id