course - 28 Jun 2022 09:00
ALI Secretariat
Term of Reference
LOGISTICS SALES MANAGEMENT
Apa ciri anak sales?
sok tahu, merasa lebih pintar dari pelanggan
tidak perlu persiapan, yang penting jual, jual, jual …..
penjualan jeblok? ah, gara-gara Covid
Paska pandemi Covid-19 ternyata pasar belum pulih benar, semakin banyak pemain logistik yang memperebutkan kue pasar logistik yang menciut. Akibatnya banyak yang mengorbankan keuntungannya demi meraih kembali volum yang hilang, dan tidak sedikit yang bertumbangan.
Pelanggan semakin kritis dan pendatang baru semakin banyak, di samping munculnya tantangan model bisnis baru di era digital.
Bagaimana bisa mempertahankan pangsa pasar, bahkan meningkatkan penjualan jasa logistik di era yang semakin menantang ini?
Dalam pelatihan singkat ini peserta akan memahami secara garis besar:
· Bagaimana menetapkan target penjualan yang masuk akal dan dapat tercapai?
· Bagaimana membuat strategi untuk mencapai penjualan itu?
· Siapa target (calon) pelanggan yang tepat buat perusahaan?
· Bagaimana pentingnya mendapatkan peluang (sales-lead) dan manajemen jalur pipa (pipeline management) bagi kelangsungan hidup perusahaan?
· Bagaimana menggunakan CRM untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjual?
· Kompetensi tim penjualan apa yang dibutuhkan saat ini?
Mengingat keterbatasan waktu, dalam pelatihan ini tidak akan dibahas secara langsung teknik-teknik penjualan, seperti making appointment, greeting (opening), negotiation skills, closing skills, dan handling objection
Siapa yang diharapkan hadir?
CEO, CCO, Sales & Marketing Dir / VP, Sales Mgr, Account Manager, HR Manager, terutama (namun tidak terbatas) dari perusahaan penyedia jasa logistik (LSP).
FASILITATOR
Ir. Harry Purwoko,MM, MBA, CSLP, ESLog
Praktisi pemasaran dan penjualan di bidang farmasi, onsumer goods dan penyedia jasa logistik, konsultan manajemen, praktisi freight forwarding, dosen dan anggota dewan pakar Asosiasi Logistik Indonesia.
TOPIK BAHASAN
Topik-topik yang relevan dengan tujuan di atas dipadukan dengan beberapa pendekatan manajemen seperti analisa Pareto, Product Life Cycle, 5-Forces Model, maupun Account Management akan diberikan secara padat dan sederhana.
1. Target Penjualan
· Mampu menghitung faktor-faktor yang menentukan penetapan target perusahaan hingga target penjualan individu, seperti (in)organic growth, churn rate, winning rate, conversion factor, dll.
· Mampu menerjemahkan target menjadi strategi individu yang realistik.
2. Customer Insight
· Apa itu Industry Vertical?
· Memahami bisnis pelanggan melalui pendekatan survei, business review, dll.
· Memahami tantangan dalam penjualan dan bagaimana mengatasinya
3. Potensi dan Resiko Dalam Pembuatan Strategi
· Memahami faktor-faktor yang diperlukan dalam penetapan strategi perusahaan dan penjualan (Five Forces Model dan analisa SWOT)
· Membentuk Segmentation, Targetting, Positioning yang tepat, dari hasil mempelajari pasar dan potensi perusahaan.
4. Penjualan Yang Efektif
· Memahami pentingnya pipeline management, termasuk networking dan referral.
· Implementasi konsep Customer Relationship Management dalam melakukan probing, profiling, presentation dan closing.
· Menentukan produktifitas penjualan.
5. Membentuk “A” Team
· Memahami pendekatan setiap tingkat pelanggan oleh tim penjualan, baik Hunter maupun Farmer.
· Memahami pentingnya Role Play
METODE PENYAJIAN
Di samping memberikan konsep-konsep sederhana dalam bentuk presentasi, peserta akan diajak langsung mendiskusikan strategi penjualan di perusahaan masing-masing dan membahas tantangan-tantangan yang ada.
Diharapkan sebelum mengikuti kelas ini peserta membekali diri dengan data target penjualan dan strategi penjualan dari masing-masing perusahaan, sebagai bekal diskusi di kelas.
AGENDA
Selasa, 28 Juni 2022
09.00 – 15.00 WIB
Zoom meeting
INVESTASI
Reguler Rp 1.500.000,-
Group Rp 1.300.000,-
*group minimal 3 peserta
INFORMASI DAN PENDAFTARAN
ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA
Ph. 021 386 3936
Hp. 0811 9590 620
E. adminstaff.ali@gmail.com
W. www.ali.web.id