Scheduled Event Detail

16 Oct 2013

Logistics Customer Service

course - 23 Nov 2013 08.30

ALI Secretariat

LOGISTICS CUSTOMER SERVICE

 

Mendapatkan pelanggan baru itu susah dan mahal, tetapi kehilangan mereka sangat cepat, maka Customer Service sangat dibutuhkan tidak saja menjaga pelanggan agar tetap loyal tetapi lebih dari itu Customer Service modern bertujuan membuat pelanggan mereka sukses. Peran Customer Service dalam manajemen supply chain atau logistik menjadi sangat penting akhir-akhir ini.

 

Customer Service bukan sekedar kegiatan purna jual dan dilakukan oleh bagian Customer Service saja, tetapi mencakup keseluruhan produk/jasa yang dihasilkan dan dilakukan oleh semua elemen dalam organisasi.

 

Kebanyakan fungsi Customer Service dirangkap baik oleh bagian Operation maupun Commercial dan dianggap sebagai pekerjaan tambahan. Oleh karena itu kebanyakan latar belakang Customer Service berasal  dari Operation, sehingga lebih terikat kepada SOP dan mengabaikan mentalitas melayani pelanggan.

 

Customer Service harus memiliki kompetensi khusus, dengan demikian tidak bisa sembarang orang dengan latar belakang rendah untuk melakukan tugas ini.

 

Pelatihan singkat satu hari ini bertujuan agar peserta:

 

•         Peserta memiliki mentalitas pelayanan dan berorientasi ke melayani pelanggan

•         Peserta mengetahui keinginan pelanggan, dapat merumuskannya dan membuat solusi atau ide-ide untuk kepuasan pelanggan.

•         Peserta dapat mempertahankan pelanggan bahkan memperoleh pelanggan baru lainnya.

•         Peserta mengetahui apakah kompetensi seorang Customer Service ada pada diri mereka

 

Topik-topik yang relevan dengan tujuan di atas dipadukan dengan beberapa alat bantu manajemen, seperti balance- scorecard, integrated supply chain, dll.

 

Namun demikian dalam pelatihan ini TIDAK AKAN dibahas teknik-teknik berkomunikasi maupun sikap yang dibutuhkan dalam pekerjaan Customer Service.

 

I.        Mengenal Pelanggan

•         Memahami bisnis pelanggan

•         Product Life Cycle dan pendekatan 5-Forces Model

•         Memahami pentingnya Customer Satisfaction Survey sebagai bagian dari Customer Insight

 

II.       Mendefinisikan Kebutuhan Pelanggan

•         Menetapkan KPI

•         Menetapkan SOP

•         Merancang sistim reporting dan komunikasi

 

III.      Menetapkan Customer Service Quality

•         Mengerti Service Gap dan cara mengatasinya.

•         Memahami manajemen pemulihan seperti Irregularities Management,

Complaint Handling Management, Claim Management dan Service Improvement Program

 

IV.                Kompetensi Customer Service

•         Merancang organisasi Customer Service

•         Mendisain Job Description

•         Menetapkan kompetensi Customer Service

 

Pelatihan satu hari ini tepat ditujukan bagi pimpinan perusahaan, direktur, general manager, baik dari Operation, Customer Service, Sales/Marketing maupun HR, yang berkepentingan merancang tujuan Customer Service dan menyesuaikannya dengan tujuan perusahaan, KPI dan SOP serta menetapkan Job Description dan Competency yang dibutuhkan.

 

Disampaikan oleh Harry Purwoko, praktisi freight forwarding, supply chain, pemasaran, penjualan & customer service yang berpengalaman belasan tahun di bidang farmasi, consumer goods dan jasa logistik, serta merupakan Anggota Eksekutif Asosiasi Logistik Indonesia serta Key Faculty Member Sembada Pratama School of Supply Chain.

 

 

JADWAL PELATIHAN

Sabtu, 23 November 2013

Pkl. 08.30 - 17.00 WIB

 

TEMPAT PELATIHAN

Gedung UGM-SP Lt. 5

Jl. Dr. Saharjo 83, Tebet, Manggarai

Jakarta Selatan

 

FASILITATOR

Harry Purwoko, praktisi pemasaran dan penjualan belasan tahun di bidang farmasi, consumer goods dan Logistics Service Provider, dan Executive Board Asosiasi Logistik Indonesia.

 

INVESTASI

Regular            : Rp. 1.500.000,-

Early Bird        : Rp. 1.350.000,- (registrasi dan pembayaran sebelum 01 November 2013)

Investasi sudah termasuk Materi, Training Kit, Snack & Lunch, dan Certificate.

 

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

ALI Secretariat

Ph. 021 - 386 3936

Mobile. 0811 9590 620

Email. adminstaff.ali@gmail.com, meta@ali.web.id


Back to List

24 Jun 2023 09:00

[Short Course] Inventory Management - 24 Juni 2023

ALI Secretariat

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved