course - 21 Nov 2015 09.00
ALI Secretariat
LOGISTICS CUSTOMER SERVICE
Apakah Customer Service hanya bekerja berdasarkan order saja?Mengapa posisi Customer Service selalu "terjepit" di antara Customer, Sales dan Operational?Dimanakah peran Customer Service dalam organisasi kita?Apakah peran Customer Service di logistik sama dengan di industri lainnya?Siapa yang cocok mengisi posisi Customer Service? Sales kah? Operasional kah?
Dapatkan jawabannya (dan ratusan pertanyaan lainnya) dalam pelatihan singkat 1 hari ini.
Mendapatkan pelanggan baru itu susah dan mahal, tetapi kehilangan mereka sangat cepat, maka Customer Service sangat dibutuhkan tidak saja menjaga pelanggan agar tetap loyal tetapi lebih dari itu Customer Service modern bertujuan membuat pelanggan mereka sukses. Peran Customer Service dalam manajemen supply chain atau logistik menjadi sangat penting akhir-akhir ini.
Kebanyakan fungsi Customer Service dirangkap baik oleh bagian Operation maupun Commercial dan dianggap sebagai pekerjaan tambahan. Oleh karena itu kebanyakan latar belakang Customer Service berasal dari Operation, sehingga lebih terikat kepada SOP dan mengabaikan mentalitas melayani pelanggan.
Customer Service harus memiliki kompetensi khusus, dengan demikian tidak bisa sembarang orang dengan latar belakang rendah untuk melakukan tugas ini.
Pelatihan singkat satu hari ini bertujuan agar peserta:
Peserta memiliki mentalitas pelayanan dan berorientasi ke melayani pelangganPeserta mengetahui keinginan pelanggan, dapat merumuskannya dan membuat solusi atau ide-ide untuk kepuasan pelanggan.Peserta dapat mempertahankan pelanggan bahkan memperoleh pelanggan baru lainnya.Peserta mengetahui apakah kompetensi seorang Customer Service ada pada diri mereka
Agenda pelatihan adalah sbb:
Latar Belakang
Memahami persepsi pelangganMengelola Stakeholder
Elemen Customer Service
Sebelum transaksi, meliputi pemahaman mengenai bisnis pelanggan, mengerti kebutuhan pelanggan, pemahaman KPI dari pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam SOP.Saat transaksi, meliputi pentingnya informasi dan notifikasi, serta bagaimana mengatasi kendala servis yang muncul.Setelah transaksi, meliputi pentingnya umpan balik, memahami pentingnya Health Check perusahaan, merancang program retensi, mengatasi keluhan dan tuntutan pelanggan, dan mendefinisikan kepuasan pelanggan.
Cara Komunikasi
12 standar berkomunikasi.Apa yang boleh dan yang tidak boleh dalam berkomunikasi.
Kompetensi Customer Service
Merancang organisasi Customer ServiceMendisain Job DescriptionMenetapkan kompetensi Customer Service
Pelatihan satu hari ini tepat ditujukan bagi pimpinan perusahaan, direktur, general manager, baik dari Operation, Customer Service, Sales/Marketing maupun HR, yang berkepentingan merancang tujuan Customer Service dan menyesuaikannya dengan tujuan perusahaan, KPI dan SOP serta menetapkan Job Description dan Competency yang dibutuhkan.
Tutor:
Ir.Harry Purwoko,MM, MBA, praktisi freight forwarding, supply chain, pemasaran, penjualan & customer service yang berpengalaman belasan tahun di bidang farmasi, consumer goods dan jasa logistik, serta merupakan Anggota Eksekutif Asosiasi Logistik Indonesia serta Key Faculty Member Sembada Pratama School of Supply Chain.
Jadwal Pelaksanaan
Sabtu, 31 Oktober 2015
09.00 - 17.00 WIB
Tempat
Gedung UGM-SP, lantai 5
Jl. Dr. Saharjo No. 83 Jakarta Selatan
Investasi
Regular Rp 1.600.000 ,-/ peserta
Grup Rp 1.500.000,-/peserta
Informasi dan Pendaftaran
Asosiasi Logistik Indonesia
Ph. 021 - 3863936
M. 08119590620
E. admin@ali.web.id, meta@ali.web.