Our Past Event Detail

07 Aug 2017

ALI CHAPTER JAWA TIMUR DISCUSSION & MEMBER GATHERING LOGISTICS INNOVATION IN DIGITAL ERA

03 Aug 2017

Secretriat

Hotel Swiss-Belinn Manyar, Surabaya

SURABAYA – 3 Agustus 2017

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Jawa Timur mengadakan acara diskusi panel dengan judul “LOGISTICS INNOVATION IN DIGITAL ERA” pada 3 Agustus 2017 di Hotel Swiss-Belinn Manyar, Surabaya. Forum dikemas dalam bentuk diskusi panel yang menghadirkan 4 tokoh, yaitu M. Rosihan selaku Ketua Bidang Edukasi Retail & UKM idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia), Hadi Kuncoro selaku CEO aCommerce dan Executive Board ALI, Ashwath Ramesh selaku COO Lazada Indonesia, serta Yodi Aditya selaku CEO Kargo.co.id

Dalam sambutannya Ivy Kamadjaja, selaku Ketua ALI Jawa Timur mengatakan ketika membahas logistics innovation dalam era digital ini tidak terlepas dari industri e-commerce. Bila dahulu e-commerce baru mulai berkembang, e-commerce yang men-drive bisnis logistik sehingga banyak sekali pertumbuhan di bisnis logistik terutama di bidang jasa courier express. Namun saat ini, justru yang meng-drive e-commerce adalah logistik karena adanya keterbatasan dari sisi logistik itu sendiri. Perkembangan teknologi sudah demikian luar biasa di Indonesia, terutama dalam dua tahun terakhir ini. Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan pada tahun 2020, Indonesia menjadi pemain digital terbesar di ASEAN dengan pasar 130 juta dollar. Potensi yang sangat besar untuk Indonesia. Saat ini di Indonesia sedang berada di persimpangan antara bisnis model yang konvensional, atau bisnis model baru yang berbasis teknologi. Belum lagi permasalahan-permasalah di bidang logistik sendiri seperti infrastruktur, IT, sumber daya manusia dan lain sebagainya.

“Bagaimana kita saat ini perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, dan bagaimana mengantisipasinya.”, ujar Ivy Kamadjaja. Sambutan dan antusiasme peserta akan event ini sangat tinggi, terbukti dengan penuhnya kapasitas ballroom hotel yang digunakan. Total peserta yang hadir 179 orang.

Dalam sesi pertama, M. Rosihan mewakili dari sudut pandang asosiasi e-commerce Indonesia menjelaskan bagaimana Pemerintah saat ini sangat mendukung kemajuan industri e-commerce di Indonesia. Pemerintah menfasilitasi berbagai pendukung seperti akses modal, sistem logistik, edukasi pedagang lokal atau UKM, dan rencana membangun pusat-pusat distribution center, dan berbagai kemudahan yang disiapkan pemerintah.

Dilanjutkan oleh paparan dari Hadi Kuncoro yang menjelaskan prediksi model bisnis e-commerce yang sesuai kondisi di Indonesia. Sebenarnya yang perlu diwaspadai bukan sesama perusahaan konvensional yang biasa kita temui, namun justru dari perusahan-perusahaan digital. Teknologi digital tidak sama hanya dengan menggantikan pekerjaan manual ke digital. Namun lebih dari itu, bagaimana menggunakan teknologi digital ini mengoptimalkan customer value proposition lebih baik lagi. Dan tidak kalah penting adalah proses manajemen perubahan yang terjadi di internal perusahaan, bagaimana kita bisa lebih efisien.

Dari pelaku e-commerce sendiri, Ashwath Ramesh dari Lazada Indonesia menjelaskan pandangannya atas inovasi logistik yang dibutuhkan untuk mendukung industri e-commerce tersebut. Apa saja peluang yang ada, dan bagaimana strategi perusahaan untuk menghadapi tren yang sedang terjadi di Indonesia secara khusus. Perlunya fokus pada keunggulan bersaing utama dari perusahaan, karena tidak mungkin dengan pasar Indonesia yang sangat luas ini pemain e-commerce akan menguasai semua bidang. Kata kuncinya adalah kolaborasi.

Diskusi dilengkapi pula sharing pengalaman dari Yodi Aditya dari Kargo.co.id, bagaimana proses terbentuknya aplikasi yang bertujuan memudahkan kegiatan logistik ini.

Diharapkan dari diskusi panel ini, kita bisa melihat peluang-peluang atas perkembangan di era digital ini serta bagaimana rencana aksi ke depan menanggapi tren yang terjadi tersebut.

M. Rosihan selaku Ketua Bidang Edukasi Retail & UKM idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia),

Hadi Kuncoro selaku CEO aCommerce dan Executive Board ALI,

Ashwath Ramesh selaku COO Lazada Indonesia,

Yodi Aditya selaku CEO Kargo.co.id

 

ALI CHAPTER JAWA TIMUR

DISCUSSION & MEMBER GATHERING

LOGISTICS INNOVATION IN DIGITAL ERA

 

 

170


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved