Publication Detail
[Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke XV Agustus 2017

ALI Secretariat

Yth, Rekan-Rekan ALI,

 

Lini Penting Yang Terlupakan

 

Kenaikan harga kebutuhan pokok, khususnya daging dan ikan menjelang lebaran selalu menjadi momok bagi siapapun, baik masyarakat maupun pemerintah. Mirisnya, ini bukan semata terjadi oleh minimnya produksi, tetapi juga oleh biaya distribusi akibat infrastruktur buruk. Rantai pasokan yang terlalu panjang, minimnya ruang pendingin dan jarak antara pasar dan peternakan adalah beberapa pemicu utama.

 

Untuk daging sapi, gebrakan Presiden Joko Widodo memanfaatkan kapalkapal—yang dinamai sebagai Tol Laut—untuk mengangkut sapi dari daerah penghasil ke Jakarta pantas diapresiasi. Meskipun sampai saat ini upaya itu belum efektif menekan harga daging. Pun justru telah menimbulkan biaya baru; tambahan subsidi. Sejauh ditelisik, masalah ini akibat pasokan dari daerah penghasil belum siap.

 

Mengharapkan pengangkutan hewan lebih memadai memang masih seperti mimpi, karena infrastruktur yang ada umumnya masih diprioritaskan untuk manusia, itupun masih banyak yang belum layak. Ada empat masalah besar yang muncul kemudian, yaitu flukutuasi harga , ketidapastian pasokan, kompleksitas masalah, dan keterlibatan banyak pihak.

 

Dari sisi produk, menurut Asosiasi Rantai Berpendingin Indonesia, buruknya infrastruktur menyebabkan kualitas makanan menurun atau food loses. Di Indonesia, tingkat susut terbesar adalah di saat produksi puncak yang mencapai 40% dibandingkan dengan berat awalnya, bandingkan dengan Jepang 7% dan China.

 

15% Edisi kali ini mencoba menyoroti kondisi dan masalah pengangkutan hewan, yang patut menjadi perhatian semua pihak karena ini menyangkut kebutuhan umat. Apalagi, fakta menyebutkan konsumsi daging orang Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara-negara setara. Beberapa data membandingkan, untuk daging sapi konsumsi orang Indonesia hanya sekitar 3 kilogram per kapita/tahun, jauh bila disetarakan dengan Argentina yang mencapai 60 kg, Brazil 40 kg atau Singapura dan Malaysia sebanyak sekitar 15 kg.

 

Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi XV Bulan Agustus 2017, bagi yang belum mendaftar/berlangganan Majalah ALI silahkan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

https://goo.gl/DnnSU5

 

 

Untuk yang sudah mengisi form / berlangganan Majalah ALI setiap edisi akan terkirim secara otomatis dalam waktu 1-3 hari setalah tanggal rilis edisi terbaru Majalah ALI, bagi rekan-rekan yang belum memiliki atau ingin mendowload edisi-edisi Majalah ALI sebelumnya silahkan diakses pada link di bawah ini :

 

http://www.ali.web.id/web2/publication_detail.php?id=973

 

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 

 

 

 

 

 

--

 

Salam Hormat,

 

 

Aang Wiguna

 

Asosiasi Logistik Indonesia

Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110

Ph./Fax. 021 - 386 3936

Hp. 0857 2222 2996

      0818 626 872

Email. aangwiguna.ali@gmail.com

Website. www.ali.web.id


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved