Scheduled Event Detail

15 Mar 2024

[Short Course] Logistics Management

course - 30 May 2024 09:00

ALI Sekretariat

Logistics Management

 

Perkembangan teknologi serta dinamika perekonomian global saat ini mewajibkan seluruh Industri memiliki strategi yang efektif dan efisien agar perkembangan Industrinya tetap bertumbuh. Salah satu startegi yang dijalanakan salah satunya adalah strategi pengelolaaan logistik yang efeisien.

 

Mengapa strategi logistik diperlukan ?  salah satu kunci kesuksesan perusahaan dalam meningkatkan profit adalah berhasilnya fungsi logistik perusahaan. Saat ini fungsi Logistik tidak dipandang lagi sebagai supporting dalam operasi perusahaan, namun sebagai salah satu profit center.

 

Strategi dalam manajemen logistik adalah suatu pendekatan yang terstruktur dan terencana dalam perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan aliran barang, informasi, dan jasa dalam rantai pasokan (supply chain) dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efisien. Ini mencakup proses perencanaan, invenory, warehousing, transportasi, pengiriman, dan pengelolaan semua elemen dalam pergerakan produk dan informasi yang diperlukan dalam suatu perusahaan atau organisasi.

 

Pelatihan manajemen logistik membantu SDM logistik memahami konsep dan strategi yang efisien yang melibatkan pengoptimalan proses, pengelolaan inventory, warehousing yang efisien, dan pemilihan metode transportasi yang paling sesuai untuk mengurangi biaya operasional. Dengan pelatihan yang tepat, para SDM logistik dapat mengembangkan prosedur yang memastikan pengiriman tepat waktu dan produk yang sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan. Ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

 

Yang Akan Dipelajari

Anda akan memahami tentang prinsip-prinsip dasar manajemen logistik, dan tren terbaru dalam industri. Anda akan memiliki pengetahuan dan mengembangkan keterampilan praktis dalam perencanaan, inventory, warehousing, transportasi, dan pengelolaan logistik untuk meningkatkan efisiensi operasional. Anda akan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan teknologi terbaru dalam manajemen logistik, seperti perangkat lunak (WMS, TMS), sistem pelacakan, dll. Anda akan mempelajari bagaimana mengidentifikasi dan mengelola risiko dalam operasioanl manajemen logistik, termasuk risiko dalam transportasi, inventory, warehousing, dan perubahan pasar. Melakukan analisis studi kasus yang menunjukan keberhasilan dan tantangan proses manajemen logistik diberbagai sektor Industri.

 

 

Materi Pelatihan

Pengantar Manajemen Logistik: Definisi dan konsep dasar supply chain dan manajemen rantai pasok. Peran dan pentingnya manajemen logistik dalam operasi perusahaan. Penjelasan tentang proses-proses utama dalam manajemen logistik, seperti perencanaan, inventory, warehousing, dan transportasi.

 

Manajemen Pergudangan (Warehouse Management) Fungsi gudang dan klasifikasi gudang Aktivitas-aktivitas dalam pergudangan Trend pergudangan saat ini

 

Manajemen Stok (Inventory Management): Metode perhitungan stok optimal. Teknik pengendalian stok dan peramalan permintaan.

 

Transportasi dan Distribusi: Pemilihan mode transportasi yang sesuai. Pengelolaan rute pengiriman dan distribusi.

 

Teknologi dalam Manajemen Logistik: Penggunaan perangkat lunak manajemen logistik (WMS, TMS, dll). Penggunaan teknologi seperti Internet of Things (IoT), otomasi/robotic dalam mengoptimalkan operasi logistik.

 

Manajemen Risiko dalam Logistik: Identifikasi dan pengendalian risiko yang terkait dengan operasi logistik. Strategi mitigasi risiko.

 

Studi kasus keberhasilan dan tantangan proses manajemen logistik diberbagai sektor Industri. Menganalisis studi kasus manajemen logistik Diskusi kelompok interaktif dan latihan pemecahan masalah

 

Penutup dan tanya jawab Ringkasan poin-poin kunci yang dibahas selama pelatihan Forum terbuka bagi peserta untuk bertanya dan mencari klarifikasi

 

 

Metode Pelatihan:

Pemaparan dan pemahaman konsep dasar, diskusi, studi kasus atau video kasus:

20% teori berdasarkan literatur praktisi. 40% diskusi praktik terbaik dan implementasi. 40% analisis studi kasus

 

Peserta:

Staf logistik

 

 

Fasilitator:

Nyoman Purnaya, ST., MBA.

Pengalaman lebih dari 18 tahun sebagai praktisi dan konsultan di industri Logistics dan Supply Chain pada perusahaan nasional maupun multinasional. Lulusan Teknik Industri dari ITN Malang dan Master Business Administration dari UGM. Mendapatkan sertifikasi logistics & transportation management dari CILT-UK, sertifikasi logistics management (ESLog) dari European Logistics Association Sertifikasi Asesor Kompetensi Logistik dari BNSP.

 

Ia telah membantu berbagai perusahaan swasta, BUMN dan lembaga pemerintah dalam menerapkan praktik terbaik manajemen logistik dan supply chain, dalam bentuk konsultasi dan memberikan pelatihan berbagai topik di bidang manajemen logistic dan supply chain, dan proses improvement. Beberapa perusahaan dan lembaga pemerintah yang telah dibantu dari berbagai jenis industri seperti electronic, otomotif, FMCG, pharmaceutical, distribusi, fertilizer, mining, construction, lembaga Pendidikan, Kementerian, dan lembaga pemerintah lainnya.

 

AGENDA

Kamis, 30 Mei 2024

09.00 – 16.00 WIB

Hotel Harper MT. Haryono – Cawang

 

INVESTASI

Reguler           Rp 2.800.000/orang

Group              Rp 2.650.000/orang

*group min. 3 peserta

 

INFORMATION AND REGISTRATION

ASOSIASI LOGISTIK INDONESIA

Ph.          021 – 386 3936

0811 9590 620 (chat only)

Email.      adminstaff.ali@gmail.com

Web.      www.ali.web.id


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved