News Detail
Antisipasi Armada Tidak Terjebak Banjir, ALI Usulkan Dishub Membuat Peringatan

Agfi Sagittian, Ilham Dwi Ridlo Wancoko, Zalzilatul Hikmia, Jawapos.com, Rabu 21 Februari 2024

JawaPos.com – Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) meminta dinas perhubungan di level provinsi atau kabupaten/kota turut membantu memantau area rawan banjir yang menjadi jalur utama logistik, khususnya di pantai utara Jawa Tengah. Misalnya, dengan memasang alert system (sistem peringatan).

”Misal ada banjir di kota tertentu, ada alert system di kota-kota sekitar melalui komunikasi online sehingga bisa dihindari (terjebak) sejak dini,” kata Ketua Umum ALI Mahendra Rianto kepada Jawa Pos kemarin (20/2).

Menurut Rianto, angkutan logistik yang terjebak banjir berpotensi sangat merugikan perusahaan jasa logistik. Sebab, barang yang diangkut relatif memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai jasa suatu angkutan.

”Biasanya nilai jasa angkutan hanya 10 persen dari nilai barang,” ujarnya.

Demak termasuk kabupaten di sisi utara Jawa Tengah yang dirundung banjir sampai sekarang. Dampaknya tak hanya dirasakan belasan ribu jiwa, tapi juga mereka yang biasa melintas di pantura Jawa Tengah untuk berbagai kepentingan.

ALI menyebut banjir di sejumlah titik, khususnya di Jawa Tengah, sempat mengganggu operasional kendaraan angkutan yang melewati jalur Demak dan Kudus. Beberapa armada harus menunggu akses jalan kembali dibuka.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, puncak musim hujan terjadi hingga akhir Februari. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani mengatakan, sejak awal Februari 2024 terjadi hujan intensitas ringan, sedang, hingga lebat di sejumlah daerah.

Salah satunya di Jawa Timur (Jatim). ’’Bahkan, terpantau terjadi hujan intensitas sangat lebat atau ekstrem di provinsi ini,’’ paparnya.

Berdasar perkiraan BMKG, puncak musim hujan tahun ini memang terjadi pada Februari. Serta, sebagian besar melanda Jawa Timur. ’’Tingginya intensitas hujan di Jawa Timur sesuai dengan prakiraan cuaca BMKG,’’ terangnya kemarin.

Tingginya intensitas hujan tersebut, salah satunya, dipengaruhi gelombang Kelvin yang meningkatkan pertumbuhan awan hujan di Jatim. Ditambah anomali suhu muka laut yang positif, wilayah perlambatan dan pertemuan kecepatan angin, serta topografi yang kompleks meningkatkan proses pertumbuhan awan dan curah hujan di Jawa Timur.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan bahwa pemerintah tidak hanya diam dan menonton penderitaan petani saat membutuhkan bantuan. Pemerintah juga tengah mencari alternatif dan solusi untuk mengatasinya.

Selain bantuan uang tunai sebesar Rp 8 juta/hektare bagi petani yang mengalami puso, Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberikan bantuan benih gratis dan alat mesin pertanian. ”Semua bantuan ini kami berikan karena Indonesia sedang diterpa cuaca ekstrem El Nino dan musim hujan La Nina,” ujarnya. (idr/mia/agf/c7/ttg)

 

Sumber:

https://www.jawapos.com/ekonomi/014203141/antisipasi-armada-tidak-terjebak-banjir-ali-usulkan-dishub-membuat-peringatan


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved