Fika Nurul Ulya, Ihsanuddin, Kompas.com, Kamis 22 Februari 2024
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyoroti biaya logistik di dalam negeri yang sempat mahal 10 tahun lalu.
Saat itu biaya logistik Indonesia berada di angka 24 persen, padahal biaya di negara lain hanya mencapai 9-12 persen.
Hal ini dikatakannya saat meresmikan pelabuhan Makassar New Port dalam kunjungan kerjanya ke Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).
Saat itu Jokowi memang tengah menekankan bahwa efisiensi logistik sangat penting di tengah ketatnya persaingan produk-produk antar negara.
Negara yang memiliki efisiensi yang paling baik, akan mampu memenangkan pertandingan dan persaingan. "Saya ingat 10 tahun lalu biaya logistik kita di angka 24 persen, padahal di negara lain cuma 9-12 persen," kata Jokowi seperti yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.
Kepala Negara mengungkapkan, mahalnya biaya logistik di dalam negeri disebabkan karena tidak ada integrasi antara satu kawasan dengan kawasan lain yang sepaket.
Misalnya kata dia, kawasan pelabuhan dengan industri maupun pabrik yang sarat pengiriman.
"Tidak terintegrasinya antara pelabuhan dengan pabrik-pabrik yang berada di jauh dari pelabuhan," ucap Jokowi.
Mengatasi masalah tersebut, mantan Wali Kota Solo itu lalu mulai mengintegrasikan semuanya.
Saat ini kata Jokowi, biaya logistik sudah turun 10 persen dari 24 persen.
Jumlahnya, hampir sama dengan negara lain meski sedikit lebih tinggi.
"Sekarang, biaya logistik kita turun kurang lebih 14 persen. Turun banyak. Tapi masih sedikit lebih tinggi dari negara lain. Maka ini jadi PR kita bersama," ucap dia.
Selain masalah integrasi, pengepakan barang yang lama turut menjadi tantangan. Dahulu, lanjutnya, dwelling time atau waktu pembongkaran peti kemas hingga pengangkutan kembali berlangsung 5-7 hari.
Namun saat ini, dwelling time terpangkas menjadi di bawah 3 hari.
"Ini sangat bagus sekali. Enggak kalah kita dengan pelabuhan-pelabuhan besar dari negara-negara lain. Ini lah kekuatan dan potensi yang terus diperbaiki, sehingga competitiveness kita, daya saing kita, jadi lebih baik dari negara-negara lain," ucapnya.
Jokowi berharap, Makassar New Port mampu melancarkan arus keluar masuk barang di Sulawesi Selatan.
Hal ini mengingat pelabuhan baru tersebut menjadi yang terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara dengan kedalaman 16 meter.
Pelabuhan ini memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding pelabuhan yang lama. Kapasitas Makassar New Port mencapai 2,5 juta TEUS per tahun, lebih besar dibanding 750.000 TEUS per tahun pada pelabuhan lama.
"Kita lihat nanti bagaimana progres perkembangan pelabuhan ini, ini akan jadi pelabuhan besar di Indonesia timur dan diharapkan bisa efisiensikan biaya logistik yang ada di Tanah Air kita," jelas Jokowi.
Sumber:
https://nasional.kompas.com/read/2024/02/22/11171801/jokowi-10-tahun-lalu-biaya-logistik-24-persen-sekarang-turun-jadi-14-persen?page=all.