News Detail
Ongkos Logistik RI Tinggi, Asosiasi Logistik Beri Penjelasan

Rashif Usman, Kontan.co.id, Minggu 25 Februari 2024

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Jokowi mengatakan biaya logistik Indonesia masih sedikit lebih tinggi dibanding dengan negara-negara lain. Ia pun mengingatkan 10 tahun lalu biaya logistik RI mencapai 24% terhadap PDB, sementara negara lain sudah di level 9%-12%.

“Sekarang biaya logistik kita sudah turun kurang lebih 14%. Sudah turun, tetapi masih tetap sedikit lebih tinggi dari negara-negara lain, ini menjadi PR kita bersama,” kata Jokowi saat meresmikan Makassar New Port dipantau dari Youtube Kompas TV, Kamis (22/2) lalu.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, Mahendra Rianto menjelaskan bahwa biaya logistik Indonesia sebesar 14% tersebut merupakan biaya rantai pasok dan logistik Indonesia, di mana ada empat komponen yang masuk di dalamnya, yakni biaya inventory, biaya pergudangan, biaya admin dan IT serta biaya transport.

"Ada empat komponen di dalam biaya rantai pasok dan logistik. Kalau itu dijumlah totalnya mencapai 14% terhadap PDB Indonesia," kata Mahendra kepada Kontan, Jumat (23/2).

Mahendra menyampaikan, angka 14% biaya logistik itu memang terbilang tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. Namun demikian, menurutnya perbandingan ini akan terlihat lebih efisien jika melihat kondisi lanskap suatu negara.

"Biaya logistik China di bawah 10%, tapi mereka semua daratan. Thailand juga tidak punya banyak pulau, Malaysia cuma punya dua pulau besar. Sementara kita punya 17 ribu pulau. Harus apple to apple dulu baru kita bandingkan efisiensinya," ucapnya.

Sementara jika ingin membandingkan dengan negara lain, menurutnya, Filipina yang paling mendekati kondisi lanskap di Indonesia.

"Kalau yang mirip dengan kita itu adalah Filipina, nah bisa kita bandingkan apakah Filipina lebih rendah daripada kita? Kalau tidak salah hanya beda 1%-2% (lebih rendah) dibandingkan Filipina," ujarnya.

Ke depannya, pemerintah menargetkan biaya logistik nasional akan menyusut hingga menjadi 8% dari PDB di tahun 2045.

Mahendra optimis bahwa Indonesia bisa mencapai target biaya logistik tersebut. Untuk meraih target ini, ia meminta agar sentra-sentra industri mulai dibangun di wilayah Timur mulai dari sekarang.

"Saatnya kita membangun di wilayah Timur, biar ada balance volume. Sekarang kita punya 21 tahun lagi untuk menuju 2045, mari kita bangun di wilayah sana sehingga secara domestik biaya angkutan laut itu bisa turun. Tak bisa lagi Jawa sentris," tutupnya.

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/ongkos-logistik-ri-tinggi-asosiasi-logistik-beri-penjelasan

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved