course - 15 Oct 2018 09:00
ALI Secretariat
Deskripsi
Kemampuan bernegosiasi & memahami kontrak merupakan hal penting yang harus dikuasai buyer atau negosiator procurement/purchasing dalam proses seleksi supplier/vendor. Kompetensi negosiasi team akan menentukan keberhasilan proses evaluasi & head to head negotiation saat berhadapan dengan calon supplier/vendor.
Selain kemampuan negosiasi, kompetensi team procurement/purchasing dalam penyusunan kontrak yang baik, komprehensif, & terukur juga akan membuat perusahaan/institusi memperoleh produk & jasa yang diperlukan dengan kondisi; the best bid with the best prices, & the best quality, disertai purchase agreement yang memiliki the best terms & conditions.
Tujuan
Dalam training ini peserta akan mempelajari konsep & implementasi Procurement Negotiation & Contracting Strategy secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan disertai discussion sharing & case study berdasarkan aplikasi konsep & best practices terkini. Sehingga setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan memiliki knowledge & applied skills yang dapat diterapkan dalam keseharian tugas/pekerjaan.
Manfaat Training
Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan akan memiliki kemampuan untuk:
1. Melakukan perencanaan & strategi negosiasi
2. Memahami metode melakukan analisa penawaran berdasarkan hasil sourcing serta terms & conditions yang diperoleh
3. Melakukan negosiasi dengan supplier/vendor tanpa terpengaruh bias penampilan & strategi mereka.
4. Memahami jenis & kategori kontrak procurement
5. Membuat & mempersiapkan kontrak procurement
Metode Training
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
v 20% teori berdasarkan literatur praktisi
v 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri
v 40% studi kasus nyata & brainstorming antara trainer dengan peserta
Target Peserta
Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:
1. Buyer, Procurement Admin, Vendor Management, Komite Tender, & Pejabat Pengadaan.
2. Supply Chain Management, Logisticians, Planner/Estimator, Project Team, & General Affairs.
3. Corporate legal, Finance, Compliance Unit, & Internal Auditor.
4. Head & Supervisor yang terkait dengan proses procurement.
5. Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.
Ruang Lingkup Pembahasan Materi
Hari Pertama
1. Negotiation Strategy
2. Negotiation Style
3. The Game The0ry
4. Smart Buying
5. Discussion sharing, case study, & action plan
Hari Kedua
6. Contract Management
7. Types of Procurement Contract
8. Contract Terms & Clauses
9. Contract Drafting
10. Discussion sharing, case study, & action plan
Fasilitator
Deni Danasenjaya, SE, MM, CPPP, CPCM, Praktisi SCM & Procurement
· S2 Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2003
· Certified Program in Public Procurement (CPPP) & Contract Management (CPCM) Procurement Learning, World Bank Institute, 2017. Certified Workplace Assessor, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), 2016. Certified Government Procurement Expert (Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), 2012.
· Konsultan Supply Chain & Procurement Management untuk CEO & Strategic Team, di beberapa korporasi multinasional.
· Konsultan Pengadaan, Manajemen Logistik, & Manajemen Operasional, di beberapa institusi pemerintah, BLU, & BUMD, 2010 s.d. saat ini.
· Assessor, LSP Pengadaan Indonesia, 2016 s.d. saat ini.
Investasi
Group (min.3) Rp 3.400.000/ peserta
Reguler Rp 3.600.000/peserta
*Training kit, Materi, Coffee break & Makan siang, Sertifikat
Jadwal
Senin – Selasa, 15-16 Oktober 2018
09..00 – 16.00 WIB
Yello Hotel Manggarai - Jakarta
INFORMASI & PENDAFTARAN
Asosiasi Logistik Indonesia
Ph. 021 – 386 3936
Hp. 0811 9590 620
Email. adminstaff.ali@gmail.com
www.ali.web.id